Dinas Pendidikan Jawa Barat

Dinas Pendidikan Jawa Barat

Selasa, 25 Februari 2014

HAKEKAT MANUSIA DALAM PANDANGAN AGAMA ISLAM






HAKEKAT MANUSIA DALAM PANDANGAN AGAMA ISLAM 

 Hakikat manusia dalam pandangan Agama Islam, dibahas dengan mengacu pada  beberapa  kutipan ayat-ayat suci Al–Qur’an yang telah dikupas secara sistematis oleh Syamsu Yusuf LN dan A. Juntika Nurihsan dalam bukunya Teori Kepribadian (2007:2009-2012).
Agama Islam memandang manusia adalah makhluk ciptaan  Allah SWT. Keberadaaan manusia di dunia ini bukan kemauan sendiri, atau hasil proses evolusi alami, melainkan kehendak Allah Yang Maha Kuasa. Allah Robbul ’Alamin. Dengan demikinan manusia dalam hidupnya mempunyai ketergantungan (dependent) kepada Allah. Manusia tidak bisa lepas dari ketentuan Allah.  Sebagai makhluk ciptaan Allah, manusia berada pada posisi lemah (terbatas), dalam arti tidak dapat menolak, menentang, atau merekayasa apa yang sudah digariskan atau ditentukan Allah. 

Dalam Al-Qur’an, surat At-Tin : 4, Allah SWT berfirman :
”Sungguh kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sangat baik (sempurna)”.

Manusia adalah makhluk Allah, ciptaan Allah, dan secara kodrati merupakan makhluk beragama atau pengabdi Allah, seperti tercermin dalam sabda Nabi Muhammad SAW sebagai berikut :
”Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, kedua orang tuanyalah  yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi” (H.R. Muslim).

Sesuai dengan fitrahnya tersebut, manusia bertugas untuk mengabdi kepada Allah, seperti difirmankan Allah, SWT sebagai berikut :
”Aku tidak menciptakan jin  dan manusia kecuali supaya mereka beribadah
 kepada-Ku” (Q.S. Adz Dzariyat : 56).

Dalam pandangan Islam, manusia adalah khalifah di muka bumi. Hal ini berarti bahwa berdasarkan fitrahnya manusia adalah makhluk sosial yang bersifat altruis, yaitu mementingkan  atau membantu  orang lain. Menilik fitrahnya manusia memiliki potensi atau kemampuan untuk bersosialisasi, berinteraksi sosial secara positif dan konstruktif dengan orang lain atau lingkungannya.  Sebagai khalifah manusia mengembangkan amanah atau tanggungjawab untuk berinisiatif dan berpartisipatif aktif dalam menciptakan tatanan kehidupan masyarakat yang nyaman dan sejahtera, dan berupaya mencegah terjadinya pelecehan nilai-nilai kemanusiaan dan pengrusakan lingkungan.

Dalam surat Al-Baqarah:30 difirmankan oleh Allah SWT sebagai berikut :
”Dan ketika Tuhanmu berfirman kepada malaikat sesungguhnya aku menciptakan khalifah di muka bumi”.

Selanjutnya dalam surat Hud:61 Allah SWT berfirman :
”Dia telh menciptakan kamu dari tanah, dan menugaskan kamu untuk memakmurkannya.”

Jadi dalam pandangan Islam manusia merupakan khalifah di muka bumi, artinya manusia berfungsi sebagai pengelola alam dan memakmurkannya, seperti difirmankan Allah SWT sebagai berikut :
”Dialah yang menjadikan kamu khalifah di muka bumi”  ( Q.S. Fatir:39 ).

Selanjutnya Allah SWT berfirman :

 ”Dan Dia menundukkan untukmu apa-apa yang ada di langit dan apa-apa yang ada di bumi semuanya, sebagai rahmat dari-Nya ( Q.S.Al-Jasiyah:3 ).

Selanjutnya,  Islam juga memberikan pandangan bahwa manusia adalah makhluk yang mempunyai fitrah beragama. Melalui fitrahnya ini manusia mempunyai kemampuan untuk menerima nilai-nilai kebenaran yang bersumber dari agama, dan sekaligus menjadikan kebenaran agama itu sebagai tolok ukur atau rujukan perilakunya.
Hal tersebut seperti difirmankan oleh Allah SWT :
”... bukankah Aku ini Tuhanmu ?  Mereka menjawab, ya kami bersaksi bahwa Kau adalah Tuhan kami” (Al-’Araf : 172).



Namun,  Islam juga memberikan pandangan bahwa manusia dapat berpotensi menjadi baik (taqwa) dan atau buruk (fujur).  Manusia dalam kehidupannya memiliki dua kecenderungan atau arah perkembangan, yaitu menjadi taqwa dan atau menjadi fukur. Taqwa adalah sifat manusia yang positif, yaitu beriman dan beramal saleh, fujur adalah sifat  manusia yang negatif, yaitu musyrik, kufur, berbuat ma’syiat, jahat, buruk, zolim. Dua kutub kekuatan ini saling memberikan pengaruh pada manusia. Kutub positif, mendorong individu manusia untuk berperilaku yang normatif, merujuk pada nilai-nilai kebenaran.  Kutub negatif,  mendorong individu manusia untuk berperilaku secara impulsif yang mengandalkan dorongan naluriah, instinktif, dan hawa nafsu. Dengan demikian manusia dalam hidupnya senantiasa dihadapkan pada situasi konflik antara benar dan salah atau baik dan buruk.
Hal tersebut seperti yang telah difirmankan Allah SWT dalam surat  Asy-Syamsu: 8-10, sebagai berikut:  
”Maka Allah mengilhamkan kepada jiwa manusia sifat fujur dan taqwa. Sungguh bahagia orang yang mensucikan jiwanya, dan sungguh celaka
 orang yang mengotori jiwanya”.
Karena itu dalam pandangan Islam, manusia memiliki kebebasan memilih. Manusia diberi kebebasan untuk menetapkan pilihan dalam kehidupannya, apakah menjadi manusia yang taqwa kepada Allah  atau menjadi manusia yang kufur kepada Allah. Manusia diberikan kebebasan untuk memilih jalan kebenaran atau jalan kesesatan. Dengan demikian manusia dapat menggunakan akal pikiran dan budinya untuk menselaraskan arah keperkembangan dirinya, untuk berjalan secara normatif dengan berpegang pada nilai-nilai kebenaran, yang dapat memberikan kontribusi terhadap nilai-nilai manfaat bagi kesejahteraan umat manusia; atau malah sebaliknya memilih jalan kehidupan yang bersebarangan dengan nilai-nilai kebenaran dan agama, sehingga akan menciptakan kehidupan yang destruktif,  anarkis, chaos dan tidak kondusif. 
  Karenanya, Allah SWT dalam surat Arr’- du:11 berfirman :
”Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah apa yang dimiliki (termasuk dirinya) suatu kaum, sehingga mereka sendiri mengubah (berinisiatif merekayasa)
 dirinya sendiri”.


DAFTAR PUSTAKA 

 Louis Leahy, 2001,  Siapakah Manusia ? (Sintesis, Filosofis tentang Manusia),
           Pustaka Filsafat, Yogjakarta:  Kanisius.
Syamsu Yusuf dan Juntika Nurihsan, 2007, Teori Kepribadian,  Bandung : UPI-
             Bandung  dan  Remaja Rosdakarya.

2 komentar:

  1. Selamat siang semuanya !!!
    Nama saya adalah Tuan Rashid Husaen dan saya berasal dari Jawa Barat, Indonesia dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya berkata pada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan memberitahukan namanya kepada World dan saya sangat senang mengatakan bahwa keluarga saya kembali selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp. 300.000.000 untuk memulai hidup saya karena saya adalah seorang ayah tunggal dengan 5 anak dan dunia sepertinya mengandalkan saya ketika saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman. Dari bank dan bank online menolak pinjaman saya, mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dengan janji manis untuk membantu saya

    Sampai saya melihat pos ibu Nyonya Maria dari sebuah blog dan saya memohon padanya, dia memberi saya semua syarat dan ketentuan dan saya setuju dan dia mengejutkan saya dengan pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, dan pada awalnya saya berpikir ini tidak akan mungkin karena pengalaman masa lalu dan janji-janji palsu saya tetapi mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp. 300.000.000,00 dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi ibu Maria Alexander kata-katanya, melalui email: (Mariaalexander818@gmail.com) karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik. siapa pun yang menginginkan pinjaman atau cara mendapatkan pinjaman asli, harus menghubungi Via

    email: (mariaalexander818@gmail.com)
    whatsapp: (+1 651-243-8090) Viber; (+1 651-243-8090)

    Anda dapat menghubungi saya Mrs. Rashid untuk informasi lebih lanjut (rashidhusaen18@gmail.com)

    Allah Maha Besar
    Terima kasih semuanya

    BalasHapus
  2. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus