Dinas Pendidikan Jawa Barat

Dinas Pendidikan Jawa Barat

Sabtu, 22 Februari 2014

KONSEP DASAR STRATEGI DAN PERUMUSAN STRATEGI DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN STRATEGI



KONSEP DASAR STRATEGI  DAN  PERUMUSAN STRATEGI 
DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN STRATEGI


A. KONSEP DASAR STRATEGI  
            Berbagai definisi tentang ”strategi” telah banyak disampaikan oleh para ahli, seperti halnya Barry (1986), yang menyatakan strategy as a plan of what an organization intends to be in the future and how it will get there” , yang memiliki sebuah pengertian strategi adalah rencana tentang apa yang ingin dicapai atau hendak menjadi apa suatu organisasi di masa depan (arah), dan bagaimana cara mencapai keadaan yang diinginkan tersebut (rute).
            Lain halnya itu, Bateman menyatakan ”a strategy is a pattern of action and resource allocation designed to achieve the goals of organization”,  yang artinya strategi adalah pola tindakan dan alokasi sumber daya yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi.
            Sebenarnya, selain kedua pendapat tersebut  ”strategi” ternyata memiliki banyak definisi. Namun untuk memperjelas definisi tentang strategi tersebut, strategi perlu dibedakan dengan taktik.  Strategi adalah cara – cara untuk mencapai tujuan jangka panjang; sedangkan taktik adalah cara – cara untuk mencapai tujuan jangka pendek.
            Berdasarkan tinjauan terhadap pendapat pakar-pakar manajemen strategi, proses yang paling krusial dalam sebuah perumusan strategi adalah pada saat merumuskan alternatif dan menentukan pilihan tujuan atau cara. Artinya, strategi yang baik harus dihasilkan dari pemilihan terhadap sekian alternatif yang ada. Alternatif yang disediakan sebelum dipilih sebagai strategi, seharusnya lebih dari satu pilihan.
            Dengan demikian,   menurut Tedjo Tripomo (2005) ”strategi adalah pilihan tentang apa yang ingin dicapai oleh organisasi di masa depan (arah), dan bagaimana cara mencapai keadaan yang diinginkan tersebut (rute)” atau dengan kata lain strategi adalah pilihan arah dan rute.  Perumusan strategi yang baik akan memberikan gambaran pola tindakan utama dan pola keputusan yang dipilih untuk mewujudkan tujuan organisasi, misalnya perusahaan yang memilih strategi unggul di harga, akan memiliki pola tertentu pada saat menetapkan produk, harga, lokasi outlet, cara promosi, cara produksi, dll. Pola yang dimaksudkan tersebut memberikan warna terhadap strategi yang dipilih.

B. KONSEP DASAR PERUMUSAN STRATEGI 

            Sebuah organisasi, perusahaan ataupun lembaga pemerintahan umumnya memiliki 2 (dua) alasan pokok dalam melakukan kepentingan perumusan strategi, yaitu karena adanya 2 faktor, yaitu :  (1) permasalahan dan (2) keinginan.
            Hadirnya permasalahan-permasalahan kritis pada sebuah organisasi, perusahaan atau lembaga-lembaga pemerintahan, memunculkan sebuah kebutuhan untuk melakukan sebuah perumusan strategi.  Jadi dalam hal ini strategi dirumuskan oleh organisasi, perusahaan atau lembaga – lembaga pemerintahan dalam rangka mengatasi permasalahan kritis yang muncul pada lingkungannya, baik internal maupun eksternal.  Beberapa permasalahan kritis tersebut antara lain : (1) keberadaan sumber daya dan sumber dana yang terbatas, (2) tingkat persaingan dengan kompetitor yang sangat tajam, (3) tuntutan perubahan lingkungan yang demikian dahsyat, (4) adanya kesalahan rancangan strategis pada masa lalu, dll.  Semua permasalahan – permasalahan kritis ini, akan memberikan warna masing-masing dalam proses perumusan strategis.
            Pada lain pihak, perumusan strategi karena didorong oleh keinginan  organisasi untuk mencapai kondisi atau keadaan tertentu dari organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan.  Dengan demikian, penetapan kebutuhan sumber daya, permasalahan kritis dan strategi untuk mengatasinya akan ditentukan kemudian setelah kondisi atau keadaan organisasi di masa depan dapat digambarkan. Situasi seperti ini biasanya cenderung  terjadi pada organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan yang tidak sedang menghadapi permasalahan serius atau memiliki keberadaan sumber daya yang berlebih.
            Beberapa manfaat yang dapat dirasakan dengan melakukan perumusan strategi, yaitu (1) Dapat mendorong terjadinya pemahaman lebih dalam terhadap situasi atau keadaan, (2) Dapat mengatasi konflik karena arah atau terjadinya pengembangan yang tidak jelas, (3) Dapat terjadi pendayagunaan dan alokasi sumber daya yang terbatas, (4) Agar memiliki peluang dalam memenangkan kompetisi, dan (5) Agar mampu mencapai keinginan dan memecahkan permasalahan besar.
            Pertama, dengan melakukan perumusan strategi, ada dorongan untuk melakukan proses pemahaman tentang situasi atau keadaan yang bakal terjadi pada masa depan, yang dapat memberikan pengaruh terhadap jalannya  organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan.  Dengan demikian, diharapkan adanya sikap yang lebih responsif terhadap perubahan–perubahan yang akan terjadi, karena adanya pendeteksian permasalahan pada tahap-tahap awal sebelum proses kejadian berlangsung.
            Kedua, konflik dalam organisasi, perusahaan dan lembaga pemerintahan dapat terjadi karena para anggota organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan tidak atau belum mengetahui, mengerti, memahami ataupun menyepakati kondisi atau keadaan masa depan yang ingin dicapai atau bagaimana cara untuk mencapai kondisi atau keadaan masa depan organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan tersebut. Ketidakjelasan arah,  menyebabkan keputusan kinerja kepemimpinan  organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan sulit diukur atau dinilai secara obyektif.  Dengan hadirnya sebuah strategi yang baik, akan dapat digunakan sebagai media sosialisasi, komunikasi dan koordinasi karena hubungan antara latar belakang, maksud, dan tujuan dan strategi pencapain yang diputuskan dapat disampaikan secara lebih jelas kepada semua pihak.
            Ketiga, ketersediaan sumber daya dan sumber dana dalam sebuah   
 organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan, sering menjadi pemicu terjadinya konflik antar anggota, antar unit, antar komponen yang ada di dalamnya. Perumusan strategi berguna untuk menggalang ketersediaan berbagai sumber daya dan sumber dana yang ada, sehingga dapat lebih diarahkan untuk mencapai tujuan organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan.  Dengan perumusan strategi penetapan skala prioritas dalam pencapaian tujuan dapat lebih mudah dilakukan.  Karena harus dipertimbangkan, bahwa keterbatasan sumber daya dan sumber dana, mengakibatkan semua alternatif kebutuhan atau keinginan dapat dipenuhi, sehingga harus senantiasa adanya penetapan skala prioritas dalam  organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan. 
Keempat, untuk dapat bertahan dalam situasi persaingan yang demikian ketat, maka perumusan strategi menjadi kata kunci yang sangat penting untuk diperhatikan. Perumusan strategi dapat mengatur bagaimana cara mencapai kemenangan dalam proses persaingan untuk mendapatkan kepercayaan, pasar, sumber daya dan sumber dana, posisi dan kekuasaan. 
Kelima, dengan perumusan strategi organisasi dapat lebih memusatkan perhatian terhadap penyelesaian permasalahan atau pencapaian keinginan organisasi yang paling kritis atau memiliki skala prioritas yang tertinggi. Dengan perumusan strategi, keberadaan sumber daya dan sumber dana yang terbatas, dapat dikelola secara sistematis dengan melakukan upaya dengan melakukan sinergitas antara  pemecahan permasalahan yang kritis  dan pencapaian keinginan dengan prioritas tertinggi dalam organisasi, perusahaan atau lembaga pemerintahan.  
  
DAFTAR PUSTAKA

Fattah, Nanang. Landasan Manajemen Pendidikan, Remaja Rosda Karya,
           Bandung, 1996.

Kydd, Lesley, dkk. Professional Development for Educational Management, 
           Grasindo,  Jakarta, 2004.

Leo Agustino,  Politik dan Kebijakan Publik, Bandung, AIPI Bandung – Puslit
           KP2W Lemlit Unpad, 2006.

Moekijat, Dasar-Dasar Motivasi, Bandung, Pionir Jaya, 2002.

Syafarudin.  Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Grasindo,  Jakarta,
           2002.

Safira,Triantoro. Kepemimpinan, Graha Ilmu, Yogjakarta, 2004.

Tripomo, Tedjo, dkk. Manajemen Strategi, Rekayasa Sains, Bandung, 2005.

Umar, Husien.  Strategic Management in Action, Gramedia Pustaka Utama,
           Jakarta, 2003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar