Dinas Pendidikan Jawa Barat

Dinas Pendidikan Jawa Barat

Selasa, 07 Januari 2014

6 MISI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT 2013-2018 DAN TUJUANNYA




6 (Enam) Misi 
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat pada tahun 2013-2018

Adalah sebagai  berikut ini :
1.      Meningkatkan  sistem dan tata kelola atau manajemen  pendidikan yang maju;
2.      Mengembangkan pendidikan karakter berbasis keluarga dan  masyarakat;
3.      Meningkatan layanan pendidikan bermutu yang merata dan terjangkau untuk semua;
4.      Meningkatkan layanan pendidikan berbasis kewirausahaan dan produksi;
5.      Meningkatkan layanan pendidikan untuk pembiasaan dan penguasaan IPTEK maju;
6.      Mengembangkan layanan pendidikan berbasis budaya Jawa Barat.

 Tujuan Misi 1 :
Meningkatkan sistem dan tata kelola atau manajemen pendidikan yang maju”; yaitu :
a.       Tercapainya tata kelola pendidikan maju  dengan  menerapkan kaidah-kaidah manajemen modern, memanfaatkan dan mendayagunakan teknologi komunikasi dan informasi secara efisien dan efektif, di lingkungan birokrasi pendidikan  dan  dalam proses belajar dan mengajar di sekolah.
b.      Terwujudnya penyelenggaraan  pendidikan yang berorientasi ke depan dengan  menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki daya saing dan unggul    dalam lingkungan pergaulan global.
c.       Tercapainya kualitas pendidikan di Jawa Barat guna mewujudkan  Jawa Barat sebagai  Provinsi Terunggul di Indonesia dalam bidang pendidikan.
 
Tujuan Misi 2 :
“Mengembangkan pendidikan karakter berbasis keluarga dan  masyarakat” ; yaitu :
a.       Terselenggaranya pendidikan yang mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan, kebangsaan, dan budaya nasional serta gerakan kepramukaan/ kepanduan sebagai sarana pembentukan kesadaran anak didik akan jatidirinya dengan melibatkan sepenuhnya peran keluarga, dan masyarakat.
b.      Terwujudnya manajemen berbasis sekolah dengan melibatkan sekolah, orang tua dan masyarakat dalam merencanakan, mengelola dan mengawasi proses pendidikan di sekolah guna menghasilkan anak didik yang bertanggungjawab, memiliki komitmen tinggi terhadap dirinya sendiri menuju masa depan yang lebih baik.
c.       Tercapainya pemahaman anak didik melalui proses belajar dan mengajar di sekolah akan pentingnya hidup bersama, budaya gotong-royong, setara,  memiliki toleransi sosial yang tinggi, guna mewujudkan suasana kehidupan kekeluargaan,  kebangsaan, dan saling menghargai secara harmonis.

Tujuan Misi 3 :
“Meningkatan layanan pendidikan bermutu yang merata dan terjangkau untuk semua”;  yaitu:
a.       Terwujudnya demokratisasi pendidikan tanpa adanya diskriminasi yang mampu memfasilitasi seluruh lapisan masyarakat guna mengakses layanan pendidikan seluas-luasnyai.
b.      Meningkatnya peranserta orang tua, masyarakat, stakeholders pendidikan   dalam mewujudkan pendidikan bermutu sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan dunia global.
c.       Terwujudnya kebersamaan dan komitmen antara sekolah, orang tua,  masyarakat dan stakeholders pendidikan melalui Komite Sekolah guna  merencanakan, mengelola dan mengawasi pendidikan secara efisien, efektif guna mencegah terjadinya komersialisasi pendidikan.

Tujuan Misi 4 :
“Meningkatkan layanan pendidikan berbasis kewirausahaan dan produksi”; yaitu :
a.       Terwujudnya pendidikan yang mampu menanamkan jiwa kewirausahaan  yang berorentasi pada penciptaan lapangan kerja atau usaha mandiri bagi anak didik.
b.      Terwujudnya sekolah sebagai sarana pelatihan kecakapan dan keterampilan bagi anak didik agar mampu menciptakan lapangan kerja sendiri pasca sekolah.
c.       Terwujudnya jaringan kerjasama dan kemitraan antara sekolah, dunia usaha, dunia industri guna menjadikan sekolah sebagai bagian dari sistem produksi dan pemasaran  produk unggulan.

Tujuan Misi 5 :
“Meningkatkan layanan pendidikan untuk pembiasaan dan penguasaan IPTEK maju”; yaitu :
a.       Pemberdayaan perpustakaan sekolah dan perpustakaan di daerah sebagai pusat layanan informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi dan sarana pengembangan budaya baca warga sekolah.
b.      Pemberdayaan pengembangan kurikulum sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler sekolah dalam menumbuhkembangkan jiwa kepenelitian dan kreativitas menulis kepada anak didik.
c.       Tersedianya sumber-sumber bacaan, referensi, alat peraga pendidikan, laboratorium,  workshop dan alat-alat praktek berbasis  ilmu pengetahuan dan  teknologi yang memadai dan sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan program  sekolah dan warga sekolah.

Tujuan Misi 6 :
“Mengembangkan layanan pendidikan berbasis budaya Jawa Barat”; yaitu :
a.       Internalisasi dan implementasi nilai-nilai luhur budaya Jawa Barat sebagai landasan di dalam pengembangan pendidikan di sekolah.
b.      Terselenggaranya pendidikan yang mengakar, tumbuh, dan berkembang  pada budaya Jawa Barat  yang terpelihara, berdaya guna dan lestari.
c.       Tumbuhnya jiwa dan sikap warga sekolah, keluarga dan masyarakat untuk memiliki rasa bangga, mencintai dan rasa memiliki terhadap budaya Jawa Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar